Sabtu, 28 September 2013

Malam minggu kelabu

Malam minggu adalah malam panjang bagi orang-orang yang memiliki pacar dan memiliki hubungan yang harmonis, tapi tidak untuk orang-orang yang lajang dan bukan juga untuk orang-orang yang sedang mengalami kegagalan dalam urusan cinta.


“Ketika malam minggu tiba hanya secangkir kopi dan jarum 76 yang SETIA selalu menemaniku.”

“Terkadang apa yang kita harapkan tidak seirama dengan kenyataan, malam minggu yang penuh kebahagiaan kini kelabu tanpa ada yang bisa di harapkan.”

“Jomblo bukanlah takdir melainkan pilihan di karenakan luka yang masih berbekas dan jiwa yang tidak ingin menyakiti karna merasakan rasanya di sakiti.”
“eNtah kenapa hati bisa sakit ketika senyummu bukan untuk ku melainkan untuk orang selain aku.”
“Ku terdiam sepi di dalam kamar tercucur air mataku dan kamu hanya bisa melihat senyumku bukan tangisku.”
“Terlintas dalam pikir untuk membalas namun rasa sayang ini terlalu besar dan hanya senyummulah yang ku pinta dalam hidupku.”
“Aku bukanlah baju yang ketika sudah kau nodai lalu kau buang begitu saja, hormatilah dan hargailah oranng lain seperti engkau menghargai diri kamu sendiri.”
“Aku adalah fana, aku hanyalah sementara, aku adalah orang yang teraniyaya dan aku yakin kepedihan ini hanyalah sementara.”
“Malam minggu adalah malam yang panjang, malam minggu adalah malam yang indah, malam minggu adalah malam yang penuh canda dan tawa tapi tidak untukku Seorang.”
“Angin malam minggu adalah angin yang mencekam diri beserta rasa pilu yang menusuk hat yang dingin ini.”
“Gak ada sms gak ada teman, lebih parahnya lagi gak ada pacar. Sungguh sempurna malam minggu yang penuh warna.”
“Malam minggu datang suasana menjadi sepi, semua orang pergi menghibur diri dan kini tinggal aku seorang diri tanpa ada teman bahkan pacar yang menemani.”

Dalam diamku, kurasakan semua rasa yang masih ku simpan utuh di jiwaku, Dan tak kuijinkan mengganggu nikmatnya, menyayangi sendirian yang kian semakin kelam.

 ‘’’’ AKU selalu mencumbu kerinduan dan kebahagian yang kini belom datang ””

Rabu, 25 September 2013

PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(PTK)

I. JUDUL PTK
Contoh:
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DISKRIPSI MELALUI STRATEGI POSTER COMMENT PADA SISWA KELAS Xb MA MAARIF BALONG SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 2010-2011

II. LATAR BELAKANG MASALAH
ISI:
Alenia I: idealita, yaitu kondisi yang seharusnya diharapkan (no.2, 3, pada lk-1. Dirubah menjadi kalimat positif)
Contoh: teori motivasi, minat, prestasi belajar, dst. (referensi min. 3 buku)
·         APA MOTIVASI (APA),
·         BAGAIMANA MOTIVASI ITU DALAM KONTEK PEMBELAJARAN (BAGAIMANA),
·         UNTUK APA MOTIVASI ITU DALAM KONTEKS  PEMBELAJARAN (UNTUK APA)
                
------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------- (alenia 1: idealita)
Alenia II: Realita, yaitu kondisi yang terjadi di lapangan (kondisi apa adanya) (no. 1, pada lk-1)
Contoh: dari hasil pengamatan pada hari senin, tanggal 13 peb. 2011 pukul. 13.00 di kelas ditemukan....)
            ------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------- (alenia 2: Realita)



Alenia III: kegelisahan akademik, urgensi (arti penting) penelitian (mengapa masalah itu penting diteliti dan pentingnya dilakukan tindakan).
Ketidakmampuan siswa/siswa kelas XIA untuk membaca al-qur’an pada pembelajaran mata pelajaran qurdis adalah adalah masalah yang layak dan urgen untuk diteliti dan dicarikan solusi pemecahannya melalui tindakan nyata. Sebab jika tidak dilakukan penelitian dan tindakan secara kongkrit akan berdampak pada penurunan kualitas pembelajaran khususnya kemampuan siswa dalam membaca al-qur’an   (alenia 3)

Alenia IV:  menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya masalah, hipotesis-hipotesis tindakan yang akan dilakukan serta menentukan satu hipotesis tindakan yang dianggap paling tepat (no. 4, 5, dan 6 pada LK-1)
Pada poin 6, beri referensi min. 3 buku
Faktor utama penyebab ketidakmampuan siswa-siswa kelas XA untuk membaca al-qur’an adalah metode yang digunakan kurang tepat dan monoton serta lingkungan belajar di kelas yang kurang kondusif. Secara teoritik ada beberapa tindakan untuk mengatasi permasalahan di atas, diantaranya adalah dengan menerapkan metode iqra’[1], metode barqi[2], dan metode ummi. Di antara ketiga metode di atas, menurut peneliti yang peling tepat adalah dengan menggunakan metode ummi.[3] Hal ini didasarkan pada_____dan ___ hasil penelitian LKIS tahun 2010 yang menemukan 90 % metode ummi sangat efektif, daripada metode lainnya [4]
---------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------- (alenia 4)
Alenia V:  menuliskan judul penelitian (no. 7 pada LK-1)
Berangkat dari kerangka berfikir di atas, judul proposal penelitian tindakan kelas ini adalah -------------------------------------------------------------------------
 (alenia 5)



III.    RUMUSAN MASALAH DAN CARA PEMECAHANNYA
Lihat LK-2 pada kolom pengamatan:
Contoh:
1.    apakah penerapan strategi poster comment dapat meningkatkan kerjasama siswa dalam kegiatan menulis paragraf pada mata pelajaran b. Indo kelas Xb semester gasal MA Maarif Balong tahun pelajaran 2010-2011?
2.    apakah penerapan strategi poster comment dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan menulis paragraf pada mata pelajaran b. Indo kelas Xb semester gasal MA Maarif Balong tahun pelajaran 2010-2011?

IV.    TUJUAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
1.   untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kerjasama siswa dalam kegiatan menulis paragraf pada mata pelajaran b. Indo melalui penerapan strategi poster comment siswa kelas Xb semester gasal MA Maarif Balong tahun pelajaran 2010-2011?
2.   untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa dalam kegiatan menulis paragraf pada mata pelajaran b. Indo melalui penerapan strategi poster comment siswa kelas Xb semester gasal MA Maarif Balong tahun pelajaran 2010-2011?



V.   KONTRIBUSI HASIL PENELITIAN KELAS
  1. Secara Teoritis (Merujuk kepada poin 3 dan 6 pada lk-1)
Hasil penelitian ini, secara teoritik memberikan diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap:
1.   Pengembangan konsep ……….. (3)
2.   Pengembangan konsep ....... (6)
  1. Secara Praktis (USER)
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada (USER):
1.   Guru.
Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan rujukan awal guru dalam meningkatkan ………..
2.   Kepala sekolah
Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan landasan awal kepala sekolah dalam melakukan supervisi akademik kinerja guru……..
3.   Pengawas
Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan landasan awal pengawas dalam melakukan supervisi akademik kinerja guru……..


VI.        LANDASAN TEORITIK, TELAAH HASIL PENELITIAN TERDAHULU, KERANGKA BERFIKIR DAN PENGAJUAN HIPOTESIS TINDAKAN
A.   Landasan Teoritik
1.    KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF
a.    Hakekat Menulis Paragraf
b.    Jenis-jenis Paragraf
1)   Jenis Paragraf berdasarkan bentuknya
2)   Jenis Paragraf berdasarkan Pengembangannya
3)   Jenis Paragraf berdasarkan kalimat Topik
c.    Unsur-unsur yang dibutuhkan dalam menulis paragraf
d.    Cara mengembangkan paragraf
2.    STRATEGI POSTER COMMENT 
a.    Definisi Strategi Poster Comment
b.    Karekteristik Strategi Poster Comment
c.    Langkah-langkah penggunaan Strategi Poster Comment dalam kegiatan pembelajaran
d.    Kelebihan Strategi Poster Comment dalam kegiatan pembelajaran
e.    Kekurangan Strategi Poster Comment dalam kegiatan pembelajaran
B.    Telaah Hasil Penelitian Terdahulu (hal ini penting dilakukan agar peneliti mengetahui di mana posisi penelitian di antara peneliti yang lain. Di samping itu untuk menghindari terjadinya plagiat/duplikasi.
C.   Kerangka Berfikir
Berangkat dari landasan teori dan hasil penelitian terdahulu di atas, maka
1.   Jika strategi poster comment diterapkan, maka dapat meningkatkan kerjasama siswa dalam kegiatan menulis paragraf pada mata pelajaran b. Indo kelas Xb semester gasal MA Maarif Balong tahun pelajaran 2010-2011
2.   Jika strategi poster comment diterapkan, maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan menulis paragraf pada mata pelajaran b. Indo kelas Xb semester gasal MA Maarif Balong tahun pelajaran 2010-2011



D.   Pengajuan Hipotesis Tindakan
1.   Penerapan strategi poster comment dapat meningkatkan kerjasama siswa dalam kegiatan menulis paragraf pada mata pelajaran b. Indo kelas Xb semester gasal MA Maarif Balong tahun pelajaran 2010-2011
2.   Penerapan strategi poster comment dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan menulis paragraf pada mata pelajaran b. Indo kelas Xb semester gasal MA Maarif Balong tahun pelajaran 2010-2011


VII.       METODE PENELITIAN
A.   Objek Tindakan kelas
B.    Setting Penelitian dan Karakteristik Subyek Penelitian Tindakan Kelas
C.   Variabel yang diamati 
D.   Prosedur Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Per-Siklus (TABEL LK-2 DIRASIKAN ATAU DIDESKRIPSIKAN)
1.    Perencanaan Pelaksanaan Tindakan Kelas
2.    Pelaksanaan Tindakan Kelas
3.    Pengamatan Tindakan Kelas
4.    Refleksi
VIII.     SISTEMATIKA PEMBAHASAN
(sistematika pembahasan berisi ”mengapa ditulis” dan bukan ”apa yang ditulis)
IX.          OUTLINE DAFTAR ISI
X.            DAFTAR PUSTAKA
XI.          JADWAL PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
XII.        RENCANA BIAYA
XIII.      CURRICULUM VITAE PENELITI






PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(PTK)

I. JUDUL PTK
Contoh:
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DISKRIPSI MELALUI STRATEGI POSTER COMMENT PADA SISWA KELAS Xb MA MAARIF BALONG SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 2010-2011

II. LATAR BELAKANG MASALAH
ISI:
Alenia I: idealita, yaitu kondisi yang seharusnya diharapkan (no.2, 3, pada lk-1. Dirubah menjadi kalimat positif)
Contoh: teori motivasi, minat, prestasi belajar, dst. (referensi min. 3 buku)
·         APA MOTIVASI (APA),
·         BAGAIMANA MOTIVASI ITU DALAM KONTEK PEMBELAJARAN (BAGAIMANA),
·         UNTUK APA MOTIVASI ITU DALAM KONTEKS  PEMBELAJARAN (UNTUK APA)
                
------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------- (alenia 1: idealita)
Alenia II: Realita, yaitu kondisi yang terjadi di lapangan (kondisi apa adanya) (no. 1, pada lk-1)
Contoh: dari hasil pengamatan pada hari senin, tanggal 13 peb. 2011 pukul. 13.00 di kelas ditemukan....)
            ------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------- (alenia 2: Realita)



Alenia III: kegelisahan akademik, urgensi (arti penting) penelitian (mengapa masalah itu penting diteliti dan pentingnya dilakukan tindakan).
Ketidakmampuan siswa/siswa kelas XIA untuk membaca al-qur’an pada pembelajaran mata pelajaran qurdis adalah adalah masalah yang layak dan urgen untuk diteliti dan dicarikan solusi pemecahannya melalui tindakan nyata. Sebab jika tidak dilakukan penelitian dan tindakan secara kongkrit akan berdampak pada penurunan kualitas pembelajaran khususnya kemampuan siswa dalam membaca al-qur’an   (alenia 3)

Alenia IV:  menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya masalah, hipotesis-hipotesis tindakan yang akan dilakukan serta menentukan satu hipotesis tindakan yang dianggap paling tepat (no. 4, 5, dan 6 pada LK-1)
Pada poin 6, beri referensi min. 3 buku
Faktor utama penyebab ketidakmampuan siswa-siswa kelas XA untuk membaca al-qur’an adalah metode yang digunakan kurang tepat dan monoton serta lingkungan belajar di kelas yang kurang kondusif. Secara teoritik ada beberapa tindakan untuk mengatasi permasalahan di atas, diantaranya adalah dengan menerapkan metode iqra’[1], metode barqi[2], dan metode ummi. Di antara ketiga metode di atas, menurut peneliti yang peling tepat adalah dengan menggunakan metode ummi.[3] Hal ini didasarkan pada_____dan ___ hasil penelitian LKIS tahun 2010 yang menemukan 90 % metode ummi sangat efektif, daripada metode lainnya [4]
---------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------- (alenia 4)
Alenia V:  menuliskan judul penelitian (no. 7 pada LK-1)
Berangkat dari kerangka berfikir di atas, judul proposal penelitian tindakan kelas ini adalah -------------------------------------------------------------------------
 (alenia 5)



III.    RUMUSAN MASALAH DAN CARA PEMECAHANNYA
Lihat LK-2 pada kolom pengamatan:
Contoh:
1.    apakah penerapan strategi poster comment dapat meningkatkan kerjasama siswa dalam kegiatan menulis paragraf pada mata pelajaran b. Indo kelas Xb semester gasal MA Maarif Balong tahun pelajaran 2010-2011?
2.    apakah penerapan strategi poster comment dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan menulis paragraf pada mata pelajaran b. Indo kelas Xb semester gasal MA Maarif Balong tahun pelajaran 2010-2011?

IV.    TUJUAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
1.   untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kerjasama siswa dalam kegiatan menulis paragraf pada mata pelajaran b. Indo melalui penerapan strategi poster comment siswa kelas Xb semester gasal MA Maarif Balong tahun pelajaran 2010-2011?
2.   untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa dalam kegiatan menulis paragraf pada mata pelajaran b. Indo melalui penerapan strategi poster comment siswa kelas Xb semester gasal MA Maarif Balong tahun pelajaran 2010-2011?



V.   KONTRIBUSI HASIL PENELITIAN KELAS
  1. Secara Teoritis (Merujuk kepada poin 3 dan 6 pada lk-1)
Hasil penelitian ini, secara teoritik memberikan diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap:
1.   Pengembangan konsep ……….. (3)
2.   Pengembangan konsep ....... (6)
  1. Secara Praktis (USER)
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada (USER):
1.   Guru.
Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan rujukan awal guru dalam meningkatkan ………..
2.   Kepala sekolah
Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan landasan awal kepala sekolah dalam melakukan supervisi akademik kinerja guru……..
3.   Pengawas
Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan landasan awal pengawas dalam melakukan supervisi akademik kinerja guru……..


VI.        LANDASAN TEORITIK, TELAAH HASIL PENELITIAN TERDAHULU, KERANGKA BERFIKIR DAN PENGAJUAN HIPOTESIS TINDAKAN
A.   Landasan Teoritik
1.    KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF
a.    Hakekat Menulis Paragraf
b.    Jenis-jenis Paragraf
1)   Jenis Paragraf berdasarkan bentuknya
2)   Jenis Paragraf berdasarkan Pengembangannya
3)   Jenis Paragraf berdasarkan kalimat Topik
c.    Unsur-unsur yang dibutuhkan dalam menulis paragraf
d.    Cara mengembangkan paragraf
2.    STRATEGI POSTER COMMENT 
a.    Definisi Strategi Poster Comment
b.    Karekteristik Strategi Poster Comment
c.    Langkah-langkah penggunaan Strategi Poster Comment dalam kegiatan pembelajaran
d.    Kelebihan Strategi Poster Comment dalam kegiatan pembelajaran
e.    Kekurangan Strategi Poster Comment dalam kegiatan pembelajaran
B.    Telaah Hasil Penelitian Terdahulu (hal ini penting dilakukan agar peneliti mengetahui di mana posisi penelitian di antara peneliti yang lain. Di samping itu untuk menghindari terjadinya plagiat/duplikasi.
C.   Kerangka Berfikir
Berangkat dari landasan teori dan hasil penelitian terdahulu di atas, maka
1.   Jika strategi poster comment diterapkan, maka dapat meningkatkan kerjasama siswa dalam kegiatan menulis paragraf pada mata pelajaran b. Indo kelas Xb semester gasal MA Maarif Balong tahun pelajaran 2010-2011
2.   Jika strategi poster comment diterapkan, maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan menulis paragraf pada mata pelajaran b. Indo kelas Xb semester gasal MA Maarif Balong tahun pelajaran 2010-2011



D.   Pengajuan Hipotesis Tindakan
1.   Penerapan strategi poster comment dapat meningkatkan kerjasama siswa dalam kegiatan menulis paragraf pada mata pelajaran b. Indo kelas Xb semester gasal MA Maarif Balong tahun pelajaran 2010-2011
2.   Penerapan strategi poster comment dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan menulis paragraf pada mata pelajaran b. Indo kelas Xb semester gasal MA Maarif Balong tahun pelajaran 2010-2011


VII.       METODE PENELITIAN
A.   Objek Tindakan kelas
B.    Setting Penelitian dan Karakteristik Subyek Penelitian Tindakan Kelas
C.   Variabel yang diamati 
D.   Prosedur Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Per-Siklus (TABEL LK-2 DIRASIKAN ATAU DIDESKRIPSIKAN)
1.    Perencanaan Pelaksanaan Tindakan Kelas
2.    Pelaksanaan Tindakan Kelas
3.    Pengamatan Tindakan Kelas
4.    Refleksi
VIII.     SISTEMATIKA PEMBAHASAN
(sistematika pembahasan berisi ”mengapa ditulis” dan bukan ”apa yang ditulis)
IX.          OUTLINE DAFTAR ISI
X.            DAFTAR PUSTAKA
XI.          JADWAL PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
XII.        RENCANA BIAYA
XIII.      CURRICULUM VITAE PENELITI