Senin, 19 Agustus 2013

MAKAN









Makanan merupakan bahan yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang guna kelangsungan hidupnya. Adapun fungsi makanan untuk tubuh kita adalah:


1.    Sebagai sumber energi
Makanan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mendapatkan energi dan energi oleh tubuh dimanfaatkan untuk bergerak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Sedangkan karbohidrat dan lemak adalah suatu bahan-bahan yang ada dalam tubuh. Pembakaran 1 gram karbohidrat dapat menghasilkan kalori 4,1 dan pembakaran 1 gram lemak bisa menghasilkan 9,1 kalori. Jadi semua itu mempunyai hubungan yang erat dan saling membantu dan membuat tubuh kita dapat beraktivitas dengan baik.
2.    Sebagai penghasil kalori dan pengatur suhu serta perlindungan tubuh
Sedangkan unsur-unsur yang banyak dibutuhkan oleh tubuh kita adalah:
a.    Oksigen
b.    Nitrogen
c.    Karbon
d.    Hidrogen.
Selain unsur-unsur yang telah disebutkan diatas masih banyak unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Walaupun unsur-unsur yang disebutkan itu sediktit tetapi mempunyai peranan yang penting untuk tubuh dan tubuh tidak bisa terganggu lagi serta dapat berfungsi dengan baik.
Sedangkan unsur-unsur tersebut terdapat pada makanan yang mempunyai fungsi untuk membantu tubuh menjalankan proses metabolisme dan pertukaran zat yang ada.
Manfaat Makan Bersama dalam Keluarga - Bila dianggap PENTING silakan catat.
1) Makan bersama dalam keluarga mampu menyatukan ikatan emosional antar anggota keluarga. Di saat makan bersama dalam satu meja, setiap orang bisa saling melempar obrolan ringan atau berbagi cerita tentang apa saja; kegiatan selama seharian tadi siang - misalnya. Sehingga, makan bersama tidak saja mengenyangkan perut bahkan mampu mengenyangkan jiwa. Akibat dari kumpul bareng dalam keluarga - setiap individu bisa merasakan energi positif yang tumbuh dalam dirinya, dan mempererat setiap interaksi yang terjalin secara harmonis.

2) Makan bersama dalam keluarga bisa menjadi ajang diskusi untuk membicarakan berbagai hal serius dalam keluarga; semisal perkembangan pendidikan anak-anak. Ketahuilah, teknologi komunikasi tidak bisa mengalahkan kekuatan kebersamaan saat makan bersama. Saat anggota keluarga saling bertemu secara fisik, saat itu pula bisa menjadi kesempatan yang tepat guna membicarakan persoalan keluarga dari hati ke hati. Untuk itu, jadikanlah kegiatan makan bersama bareng keluarga sebagai sarana edukasi, berbagi pengetahuan, atau rapat non formal keluarga.

3) Makan bersama dalam keluarga bisa pula menjernihkan suasana, seperti suasana makan bersama yang dilakukan dengan relaks atau santai. Suasana cair bisa menjadikan perasaan emosional menjadi lumer, sehingga otak bisa berfikir dengan jernih.

4) Makan bersama juga mampu melakukan kontrol pola makan dan porsi makan yang proporsional. Salah satu penyebab munculnya penyakit dalam diri seseorang karena pola makan yang tidak tentu serta porsi makan yang tidak terkontrol, sehingga dengan adanya kegiatan makan bersama keluarga bisa melatih kedisiplinan bagi setiap anggota keluarga dalam berkomitmen.

5) Makan bersama bareng keluarga pun mampu melatih kemandirian serta menghindari pemborosan, coba bandingkan berapa biaya yang harus dikeluarkan bila selalu makan dengan berkuliner-ria. Boleh saja wisata kuliner tapi lakukanlah sesekali saja :) Sadarilah, dengan menyiapkan makanan yang akan disajikan dari dapur sendiri bisa menjadi ajang mendisiplinkan kemandirian selain mengasah kemampuan memasak.  

6) Makan bersama mampu memberikan keberkahan, hal ini jaminannya langsung dari Allah Swt. Saat makan bersama Allah akan memberikan berkahnya; perhatikan hadits berikut.
Dari Wahsyi bin Harb, "Sesungguhnya para Sahabat Rasulullah Saw. pernah bertanya, "Wahai Rasulullah, seseungguhnya kami makan namun tidak merasa kenyang." Nabi bersabda (menjawab), "Adakah kalian makan sendiri-sendiri?", Sahabat menjawab, "Betul". Nabi lalu menjawab, "Untuk itu, makanlah bersama-sama serta sebutlah nama Allah sebelumnya, sehingga makanan tersebut menjadi berkah."


“ SELAMAT MAKAN ”

0 komentar:

Posting Komentar