Minggu, 01 Juli 2012

RPP TEMATIK (TEMA TUHAN)


SILABUS TEMATIK

Nama Sekolah                       :  MI MIFTAHUL HUDA
Kelas/ Semester                    : 1/ 1
Tema                                      : TUHAN
Tahun Pelajaran                    :  2012-2013
 Standar Kopetensi               : 
Akidah Aklak                        : 1. Mengenal rukun iman, syahadad tauhid, dan syahadat rasul al - Asma al Husna (Al-Ahad dan Al-Khalik)
Fikih                                       : 1.  Mengenal lima rukun islam
Seni Budaya                           : 4. Mengekpresikan diri melalui karya seni musik
Bahasa Indonesia                  : 3. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring

Mata
Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber, alat dan bahan
Akidah
1.    Menghafal enam rukun iman
1.1.1
Mengenal enam rukun iman

1.1.2 Menjelaskan enam rukun iman

Enam rukun iman
Membaca rukun iman
Menjelaskan isi kandungan dari rukun iman
Tes dan Non test
2x35 menit
(2 x pertemuan)
Sumber dan bahan:
-   Tim Bina Karya Guru, Buku paket fiqh kelas I,  Erlangga, 2006
-    Tim Bina Karya Guru, Buku paket Aqidah Akhlak kelas I,  Erlangga, 2006
-   Tim Bina Karya Guru, Bina Bahasa dan Sastra Indonesia untuk kelas I, Erlangga, 2006
-   Tim Bina Karya Guru, Seni dan Budaya untuk kelas I, Erlangga, 2006
-   Kertas Hvs
-   Kertas Plano
-   Hand Out
-   Materi
Alat:
-    Spidol
-    Penghapus
-    Papan tulis
-    Penghapus
Fikih
1.2  Menghafal syahadattain dan artinya
1.2.1
Mengenal lafat syahadatain
1.2.2 Menjelaskan arti syahadatain

Dua Kalimah Syahadad
Membaca syahadatain
Menjelaskan isi kandungan dari syahadatain
-
-
Seni Budaya
4.4   Melafalkan lagu anak-anak
4.4.1
Siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak
Lagu anak-anak
Menyanyikan lagu anak-anak
-
-
Bahasa INdonesia
3.2  Membaca nyaring kalimat sederhanadengan lafal dan intonasi yang tepat

3.2.1  
Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yhang tepat
Membaca kalimat sederhana
Membaca lancar beberapa kalimat sederhana
-
-


Mengetahui                                                                                                                                         Ponorogo 1 juli 2012
Kepala Sekolah                                                                                                                                   Guru Kelas


……………………………..                                                                                                              TRIJOKO PAMBUDI
NIM. 210609056



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS I SEMESTER 1
TEMA: TUHAN


I.     Identitas
Mata Pelajaran                        :  TEMATIK
Satuan Pendidikan                   :  MI MIFTAHUL HUDA
Kelas/ Semester                      :  1/ 1
Waktu                                      :  2 X 35 menit ( 2 kali pertemuan)
Tahun Pelajaran                      :  2012-2013
STANDAR KOPETENSI      :
Akidah Aklak                           : 1. Mengenal rukun iman, syahadad tauhid, dan syahadat rasul al - Asma al Husna (Al-Ahad dan Al-Khalik)
Fikih                                         : 1.  Mengenal lima rukun islam
Seni Budaya                             : 4. Mengekpresikan diri melalui karya seni musik
Bahasa Indonesia                     : 3. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring
KOPETENSI DASAR
Akidah Aklak                          : 1.1 Menghafal enam rukun iman
Fikih                                        : 1.2 Menghafal syahadattain dan artinya
Seni Budaya                            : 4.4 Melafalkan lagu anak-anak
Bahasa Indonesia                    : 3.2 Membaca nyaring kalimat sederhanadengan lafal dan intonasi yang tepat
INDIKATOR
Akidah Aklak                          : 1.1.1 Mengenal enam rukun iman
                                               : 1.1.2 Menjelaskan enam rukun iman
Fikih                                       : 1.2.1 Mengenal lafat syahadatain
  1.2.2 Menjelaskan arti syahadatain
Seni Budaya                            : 4.4.1 Siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak
Bahasa Indonesia                    : 3.2.1 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi   yang tepat
II.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pelajaran siswa:
1.        Siswa mengenal enam rukun iman
2.        Siswa dapat menjelaskan enam rukun iman
3.        Siswa dapat mengenal syahadatain
4.        Siswa dapat menjelaskan arti syahadatain
5.        Siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak
6.        Siswa dapat membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat

III.   Materi Pelajaran
Akidah Aklak                             : Enam rukun iman
Fikih                                            : Dua kalimah syahadat
Seni Budaya                                : Lagu anak-anak
Bahasa Indonesia                        : Membaca lancar beberapa kalimat sederhana
IV.   Metode Pembelajaran               : Ceramah, tanya jawab, poster comment, penugasan, topical review,   demontrasi

V.      Langkah-Langakah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama ( 1x 35 menit )
1.      Kegiatan Awal
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Strategi/ metode
Sumber, alat dan bahan
1 menit
Guru memulai pelajaran dengan ucapan salam dan memimpin do’a dengan persiapan yang dimodifikasi (nyanyian)
Ceramah
Bolpoin, buku absensi
2 menit
Guru menanyakan kehadiran siswa melalui absensi
2 menit
Apersepsi
Guru bertanya pada siswa: Anak-anak siapa yang menciptakan langit, bumi dan seisinya?
Siswa menjawab: Tuhan pak guru
Guru: Anak-anak, Allah selain menciptakan langit dan bumi, menciptakan apa saja?
Siswa: Gunung, laut, burung, Gajah……
Guru: Pinter, jadi semua yang ada dilangit, di bumi dan seisinya, hanya allohlah yang menciptakan.
Anak-anak hari ini pak guru akan memberikan materi dengan tema: Tuhan
Tanya jawab

2.      Kegiatan Inti
Waktu
Kegiatan pembelajaran
Strategy/
metode
Sumber,alat dan bahan
2 menit
Guru menempelkan materi enam rukun iman dipapan tulis
Poster Comment
Tim Bina Karya Guru, Buku paket fiqh, akhidah, bahasa Indonesia, Seni Budaya kelas I,  Erlangga, 2006, kertas plano, spidol, penghapus, solatip

Guru membaca enam rukun iman, dan siswa diminta untuk menirukannya

6 menit
Guru menerangkan materi tersebut
Ceramah
2 menit
Guru menempelkan materi bacaan syahadatain dipapan tulis.
Poster Comment
Guru membaca materi syahadatain beserta artinya dengan dinyanyikan
Ceramah
3 menit

Guru mengulangi membaca materi lafat syahadatain beserta artinya secara terputus-putus dan meminta siswa untuk menirukannya
Guru meminta siswa bersama-sama untuk mengulangi membaca lafat syahadaatain beserta artinya dengan dinyanyikan
5 menit
Guru menjelaskan isi kandungan dari syahadatain
Ceramah
2 menit
Guru bertanya sama siswa, tentang sesuatu yang berhubungan dengan materi sebelum melanjutkan materi selanjutnya
Tanya jawab
Guru memberikan klarifikasi
Ceramah
2 menit
Guru menempelkan gambar dipapan tulis
Poster Comment
Tanya jawab
Guru bertanya pada siswa mengenai apa saja yang ada didalam gambar itu
4 menit
Guru menempelkan kertas plano yang berisi kalimat yang berhubungan dengan gambar tersebut
Guru membaca dan meminta siswa untuk menirukan
Ceramah
Guru meminta beberapa siswa maju kedepan kelas untuk membaca kalimat tersebut didepan kelas
Demontrasi

3.      Kegiatan akhir
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Strategy/
metode
Sumber, alat dan bahan
3 menit
Guru memberikan penguatan materi yang telah dipelajari sambil bertanya sesuatu yang berhubungan dengan materi tersebut
Ceramah dan tanya jawab
Tim Bina Karya Guru, Buku paket fiqh, akhidah, bahasa Indonesia, Seni Budaya kelas I,  Erlangga, 2006
1 menit
Guru meminta siswa dirumah untuk mempelajari materi selanjutnya
Penugasan
Guru menutup pelajaran dengan salam
Ceramah



Pertemuan Ke dua ( 1 x 35 menit )
1.      Kegiatan awal
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Strateg/
metode
Sumber, alat dan bahan
2 menit
Guru memulai pelajaran dengan ucapan salam dan memimpin do’a dengan persiapan yang dimodifikasi (nyanyian)
Ceramah
Bolpoin dan buku absensi
Guru menanyakan kehadiran siswa dengan absensi
3 menit
Guru meminta siswa untuk melafalkan bunyi rukun iman dan lafat syahadatain beserta artinya dengan bernyanyi
Guru menyampaikan tema pelajaran

2.      Kegiatan inti
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Strategi/
metode
Sumber, alat dan bahan
2 menit
Guru menempelkan kertas plano yang berisi materi rukun iman di papan tulis
Poster Comment
Tim Bina Karya Guru, Buku paket fiqh, akhidah, bahasa Indonesia, Seni Budaya kelas I,  Erlangga, 2006
kertas plano, spidol, penghapus, solatip

Guru membaca enam rukun iman yang ada di papan tulis dan meminta siswa untuk memperhatikannya
Ceramah
8  menit
Guru melanjutkan penjelasan materi yang kemaren pertemuan pertama tentang rukun iman dan syahadatain
2 menit
Guru meminta siswa untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami
3 menit

Guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk meninjau daya ingat mereka
Topical review
2 menit
Guru meminta siswa untuk membaca lafat rukun iman bersama-sama yang ada di papan tulis
Penugasan
3 menit
Guru memberikan kesempatan bagi beberapa siswa untuk maju kedepan untuk menghafalkan rukun iman dan lafat syahadatain

3.      Kegiatan akhir
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Strategi/
metode
Sumber, alat dan bahan
3 menit
Guru memberikan penguatan dari semua materi harini dan pertemuan kemaren
Ceramah

Lembar soal latihan
5 menit
Evaluasi:
Guru memberikan lembar soal kepada siswa untuk dikerjakan
Penugasan
2 menit
Rencana Tindak Lanjut:
Guru mememinta siswa untuk mempelajari materi selanjutnya dan memberi pesan kepada siswa untuk rajin belajar, rajin sholat dan membantu orang tua
Ceramah
dan penugasan
Guru menutup pelajaran dengan salam

VI.             Sumber, alat dan bahan:
·           Tim Bina Karya Guru, Buku paket fiqh kelas I,  Erlangga, 2006
·            Tim Bina Karya Guru, Buku paket Aqidah Akhlak kelas I,  Erlangga, 2006
·           Tim Bina Karya Guru, Bina Bahasa dan Sastra Indonesia untuk kelas I, Erlangga, 2006
·           Tim Bina Karya Guru, Seni dan Budaya untuk kelas I, Erlangga, 2006
·           Kertas Hvs
·           Kertas Plano
·           Spidol
·           Penghapus
·           Bolpoin
·           Hand Out Materi
·           Papan tulis



VII.          Penilaian
Teknis Penilaian                      : Tes Tulis
Instrumen Penilaian                 : Tes pilihan ganda dan uraian singkat










Ponorogo 01 juli 2012
Kepala Sekolah

Kurnia Hidayati  M.Pd 
NIP. 150377989


Guru Kelas I

Trijoko Pambudi
NIM. 210609056










MATERI :
AKIDAH AKLAK
RUKUN IMAN
A.    Iman kepada Allah
Subhnallah indahnya alam ini
Ada matahari bulan dan bintang
Tahukah kamu
Siapa yang menciptakannya
Allah yang menciptakan alam
Allah yang menciptakan semuanya
Tiada Tuhan selain Allah
Kita wajib menyembah Allah
B.     Iman kepada malaikat Allah SWT
Malaikat adalah makluk Allah
Malaikat diciptakan dari cahaya
Malaikat sangat patuh kepada Allah
Malaikat tidak pernah berbuat dosa
C.    Iman kepada malaikat Allah
Allah menurunkan beberapa kitab suci
Kita suci diberikan kepada nabi dan rasul
Kitab suci berisi wahyu Allah SWT
Dan petunjuk bagi kita semua
Agar selamat dunia dan akhirat
D.    Iman kepada nabi dan rasul
Rasul Allah artinya utusan
Rasul diutus untuk menyampaikan ajaran Allah SWT kepada uat manusia
Rasul selalu taat pada perintah Allah
Rasul selalu menjahui larangan Allah
Rasul dijamin masuk surge
Nabi Muhammad adalah rasul terakhir
Nabi Muhammad adalah rasul umat islam
Kita wajib beriman kepada rasul
Kita harus mencontoh perilaku rasul
E.     Iman kepada hari kiamat
Hari kiamat juga disebut hari terakhir
Akhir kehidupan di alam
Semua makluk akan mati
Alam semesta dan isinya akan hancur
Kapan datangnya hari kiamat tidak ada yang tahu
Hanya Allahlah yang tahu
Kita wajib mempercayai adanya hari kiamat
Orang yang tidak mempercayai hari kiamat termasuk orang kafir
F.     Iman kepada qada dan qadar
Qada dan qadar adalah ketentuan Allah
Qada dan qadar juga disebut takdir Allah
Manusia mendapat takdir dari Allah SWT
Kamu anak Indonesia
Kamu berkulit coklat
Itulah takdir Allah SWT
Takdir ada yang tetap dan ada yang berubah
Manusia wajib berusaha agar takdirnya berubah


FIKIH
  1. MENGHAFAL SYAHADATAIN
            Orang yang akan masuk islam harus mengucapkan dua kalimat sahadat sebagai tanda pengakuan bahwa tidak ada tuhan selain alloh dan nabi Muhammad adalah utusan alloh.
            Fauza siswa kelas satu madrasah ibtidaiyah sedang menghafal syahadatain.
Bacaan syahadat tain yaitu:
اَشْهَدُ اَنْ لاَّ اِلَهَ اِلاَّ الله وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدَا رَّسُوْلُ الله
Fauza anak yang rajin belajar ketika pak guru sedang mengajar ia selalu memperhatikannya sehingga ia enjadi siswa teladan dan berprestasi.
            Di rumah ai tekun belajar megulang kembali pelajaran yang telah diajarkan oleh pak guru di sekolah. Fauza sedang menghafal syahadatain di bombing oleh orang tuanya. Fauza menirukan bacaan orang tuanya berulang-ulang sehingga ia hafal syahadatain.
  1. ARTI SYAHADATAIN
            Syahadatain yaitu dua kalimat syahadat, kalimat syahadat pertama disebut syahadat tauhid. Kalimat syahadat kedua disebut syahadat rosul.
1.      Syahadat tauhid
Lafal syahadat tauhid:
اَشْهَدُ اَنْ لاَّ اِلَهَ اِلاَّ الله
Asyhadu allaa ilaha illallooh
Artinya:
Saya bersaksi bahwa tiada tuhan selain alloh.
            Syahadat tauhid adalah persaksian bahwa tiada tuhan selain alloh. Orang islam harus menyakini bahwa alloh itu maha esa. Alloh itu maha satu, tidak berbilang dua atau tiga. Alloh itu tidak beranak dan tidak pula diperanakkan.
            Alloh menciptakan alam semesta, jangan menyembah selain alloh karena itu perbuatan musyrik dan dosa besar.
            Alloh tempat memohon segala sesuatu . Hanya kepada alloh kita menyembah dan hanya kepada alloh juga kita meminta pertolongan. Alloh tuhan  seluruh alam.
2.      Syahadat Rosul
Lafal syahadat rosul                     
وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدَا رَّسُوْلُ الله
Wa asyhadu anna muhammadar rasululloh
Artinya:
Dan saya bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah utusan alloh.
            Syahadat rosul adalah persaksian bahwa nabi Muhammad adalah utusan alloh. Utusan alloh itu jumlahnya banyak, yang harus diketahui ada 25 nabi dan rosul. Nabi adam adalah utusan yang pertama, nabi Muhammad utusan yang terakhir.
            Nabi Muhammad adalah khatamul anbiyai walmursalin penutup para nabi dan rosul. Tidak ada nabi dan rosul setelah nabi Muhammad. Nabi Muhammad lahir di mekah dan wafat di madinah. Nabi Muhammad lahir dalam keadaan yatim, ayahnya bernama abdulloh meninggal dunia ketika nabi berumur tiga bulan dalam kandungan ibunya.
            Ibunya bernama aminah, meninggal dunia ketika nabi berusia enam tahun.
            Nabi Muhammad diangkat alloh menjadi rosul pada usia 40 tahun. Nabi muahammad menerima wahyu dari alloh berupa kitab suci al qur’an. Berisi petunjuk yang harus disampaikan kepada umat mansia. Kita sebagai umat nabi Muhammad saw, harus taat dan patuh terhadap ajarannya. Apa yang diperintahkan harus dilaksanakan. Dan apa yang dilarangnya harus kita tinggalkan. Agar kita selamat dan bahagia di dunia dan di akhirat.
SENI BUDAYA
Iman tertanam di dalam hati
Beriman tentu disayang alloh
Petama….. Iman kepada Allah
Kedua…… Iman kepada Malaikat
Ketiga…. .. Iman kepada kitab
Ke empat... Iman kepada Rosul
Kelima….. Iman kepada hari kiamat
Keenam… Iman kepada qada’ dan qodar
Itulah rukun iman yang enam….
Bahagia bila kita mengimaninya…….. 2x
BAHASA INDONESIA

Bapak dan ibuku orang beriman
Kakak dan adikku juga orang beriman
Mereka semua taat
Mereka semua mendirikan shalat




Allah yang mencipyakan alam
Allah yang menciptakan semua
Tiada tuhan selain Allah
Kita wajib beriman kepada Allah
SOAL ULANGAN
I.         Pilihlah jawaban yang paling benar dengan member tanda silang (X) pada huruf a b atau c !
1.      Rukun iman ada . . . .
a.       4                           b.  5                             c.  6
2.      Iman kepada malaikat termasuk rukun ke . . . . .
a.       1                           b.  2                             c. 3
3.      Saya beriman kapada Allah SWT
Saya selalu . . . . .
a.       Salat                     b.  makan                     c.  tidur
4.      Syahadat artinya. . . . .
a.       Kesaksian b.  kalimat                   c. pertanyaan
5.      Dua kalimat syahadat disebut juga . . . . .
a.       Syahadat rasul      b. syahadatain c. syahadat tauhid
II.      Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar
1.         Rukun iman ada berapa . . . . . .
2.         Apa artinya iman . . . . .  . .
3.         Esa artinya . . . . . . .
4.         Allah tidak punya. . . . . . dan . . . . . .
5.         Ayah nabi Muhammad bernama . . . . .









JAWABAN
I.                   1.  C
2.  B
3.  A
4.  A
5.  B

II.                1. Ada enam
2.    Percaya
3.    Satu
4.    Anak dan tidak diperanakkan
5.    Abdullah
                          



PEDOMAN PENSEKORAN

 Kerja individu (untuk latihan dan soal tes individu)

No
Nama Siswa

Skor Nilai
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
1.






















2.






















3.






















4.






















5.






















6.






















dst.
























Keterangan :
·         Untuk  soal pilihan ganda yang benar semua nilainya : 5 X 10 = 50
·         Untuk tiap butir soal esay yang benar nilainya :
Bagian  II   : 5 X 10 = 50

                                
·         Jumlah nilai seluruhnya                : (5 x 10 = 50) + (5 x 10 = 50
 : 100
A = 91 – 100 (sangat baik)
B = 81 – 90   (baik)
C = 71 – 80   (cukup)
D = 61 – 70   (kurang)                                                                 


0 komentar:

Poskan Komentar