Rabu, 25 September 2013

PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(PTK)

I. JUDUL PTK
Contoh:
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DISKRIPSI MELALUI STRATEGI POSTER COMMENT PADA SISWA KELAS Xb MA MAARIF BALONG SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 2010-2011

II. LATAR BELAKANG MASALAH
ISI:
Alenia I: idealita, yaitu kondisi yang seharusnya diharapkan (no.2, 3, pada lk-1. Dirubah menjadi kalimat positif)
Contoh: teori motivasi, minat, prestasi belajar, dst. (referensi min. 3 buku)
·         APA MOTIVASI (APA),
·         BAGAIMANA MOTIVASI ITU DALAM KONTEK PEMBELAJARAN (BAGAIMANA),
·         UNTUK APA MOTIVASI ITU DALAM KONTEKS  PEMBELAJARAN (UNTUK APA)
                
------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------- (alenia 1: idealita)
Alenia II: Realita, yaitu kondisi yang terjadi di lapangan (kondisi apa adanya) (no. 1, pada lk-1)
Contoh: dari hasil pengamatan pada hari senin, tanggal 13 peb. 2011 pukul. 13.00 di kelas ditemukan....)
            ------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------- (alenia 2: Realita)



Alenia III: kegelisahan akademik, urgensi (arti penting) penelitian (mengapa masalah itu penting diteliti dan pentingnya dilakukan tindakan).
Ketidakmampuan siswa/siswa kelas XIA untuk membaca al-qur’an pada pembelajaran mata pelajaran qurdis adalah adalah masalah yang layak dan urgen untuk diteliti dan dicarikan solusi pemecahannya melalui tindakan nyata. Sebab jika tidak dilakukan penelitian dan tindakan secara kongkrit akan berdampak pada penurunan kualitas pembelajaran khususnya kemampuan siswa dalam membaca al-qur’an   (alenia 3)

Alenia IV:  menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya masalah, hipotesis-hipotesis tindakan yang akan dilakukan serta menentukan satu hipotesis tindakan yang dianggap paling tepat (no. 4, 5, dan 6 pada LK-1)
Pada poin 6, beri referensi min. 3 buku
Faktor utama penyebab ketidakmampuan siswa-siswa kelas XA untuk membaca al-qur’an adalah metode yang digunakan kurang tepat dan monoton serta lingkungan belajar di kelas yang kurang kondusif. Secara teoritik ada beberapa tindakan untuk mengatasi permasalahan di atas, diantaranya adalah dengan menerapkan metode iqra’[1], metode barqi[2], dan metode ummi. Di antara ketiga metode di atas, menurut peneliti yang peling tepat adalah dengan menggunakan metode ummi.[3] Hal ini didasarkan pada_____dan ___ hasil penelitian LKIS tahun 2010 yang menemukan 90 % metode ummi sangat efektif, daripada metode lainnya [4]
---------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------- (alenia 4)
Alenia V:  menuliskan judul penelitian (no. 7 pada LK-1)
Berangkat dari kerangka berfikir di atas, judul proposal penelitian tindakan kelas ini adalah -------------------------------------------------------------------------
 (alenia 5)



III.    RUMUSAN MASALAH DAN CARA PEMECAHANNYA
Lihat LK-2 pada kolom pengamatan:
Contoh:
1.    apakah penerapan strategi poster comment dapat meningkatkan kerjasama siswa dalam kegiatan menulis paragraf pada mata pelajaran b. Indo kelas Xb semester gasal MA Maarif Balong tahun pelajaran 2010-2011?
2.    apakah penerapan strategi poster comment dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan menulis paragraf pada mata pelajaran b. Indo kelas Xb semester gasal MA Maarif Balong tahun pelajaran 2010-2011?

IV.    TUJUAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
1.   untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kerjasama siswa dalam kegiatan menulis paragraf pada mata pelajaran b. Indo melalui penerapan strategi poster comment siswa kelas Xb semester gasal MA Maarif Balong tahun pelajaran 2010-2011?
2.   untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa dalam kegiatan menulis paragraf pada mata pelajaran b. Indo melalui penerapan strategi poster comment siswa kelas Xb semester gasal MA Maarif Balong tahun pelajaran 2010-2011?



V.   KONTRIBUSI HASIL PENELITIAN KELAS
  1. Secara Teoritis (Merujuk kepada poin 3 dan 6 pada lk-1)
Hasil penelitian ini, secara teoritik memberikan diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap:
1.   Pengembangan konsep ……….. (3)
2.   Pengembangan konsep ....... (6)
  1. Secara Praktis (USER)
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada (USER):
1.   Guru.
Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan rujukan awal guru dalam meningkatkan ………..
2.   Kepala sekolah
Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan landasan awal kepala sekolah dalam melakukan supervisi akademik kinerja guru……..
3.   Pengawas
Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan landasan awal pengawas dalam melakukan supervisi akademik kinerja guru……..


VI.        LANDASAN TEORITIK, TELAAH HASIL PENELITIAN TERDAHULU, KERANGKA BERFIKIR DAN PENGAJUAN HIPOTESIS TINDAKAN
A.   Landasan Teoritik
1.    KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF
a.    Hakekat Menulis Paragraf
b.    Jenis-jenis Paragraf
1)   Jenis Paragraf berdasarkan bentuknya
2)   Jenis Paragraf berdasarkan Pengembangannya
3)   Jenis Paragraf berdasarkan kalimat Topik
c.    Unsur-unsur yang dibutuhkan dalam menulis paragraf
d.    Cara mengembangkan paragraf
2.    STRATEGI POSTER COMMENT 
a.    Definisi Strategi Poster Comment
b.    Karekteristik Strategi Poster Comment
c.    Langkah-langkah penggunaan Strategi Poster Comment dalam kegiatan pembelajaran
d.    Kelebihan Strategi Poster Comment dalam kegiatan pembelajaran
e.    Kekurangan Strategi Poster Comment dalam kegiatan pembelajaran
B.    Telaah Hasil Penelitian Terdahulu (hal ini penting dilakukan agar peneliti mengetahui di mana posisi penelitian di antara peneliti yang lain. Di samping itu untuk menghindari terjadinya plagiat/duplikasi.
C.   Kerangka Berfikir
Berangkat dari landasan teori dan hasil penelitian terdahulu di atas, maka
1.   Jika strategi poster comment diterapkan, maka dapat meningkatkan kerjasama siswa dalam kegiatan menulis paragraf pada mata pelajaran b. Indo kelas Xb semester gasal MA Maarif Balong tahun pelajaran 2010-2011
2.   Jika strategi poster comment diterapkan, maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan menulis paragraf pada mata pelajaran b. Indo kelas Xb semester gasal MA Maarif Balong tahun pelajaran 2010-2011



D.   Pengajuan Hipotesis Tindakan
1.   Penerapan strategi poster comment dapat meningkatkan kerjasama siswa dalam kegiatan menulis paragraf pada mata pelajaran b. Indo kelas Xb semester gasal MA Maarif Balong tahun pelajaran 2010-2011
2.   Penerapan strategi poster comment dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan menulis paragraf pada mata pelajaran b. Indo kelas Xb semester gasal MA Maarif Balong tahun pelajaran 2010-2011


VII.       METODE PENELITIAN
A.   Objek Tindakan kelas
B.    Setting Penelitian dan Karakteristik Subyek Penelitian Tindakan Kelas
C.   Variabel yang diamati 
D.   Prosedur Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Per-Siklus (TABEL LK-2 DIRASIKAN ATAU DIDESKRIPSIKAN)
1.    Perencanaan Pelaksanaan Tindakan Kelas
2.    Pelaksanaan Tindakan Kelas
3.    Pengamatan Tindakan Kelas
4.    Refleksi
VIII.     SISTEMATIKA PEMBAHASAN
(sistematika pembahasan berisi ”mengapa ditulis” dan bukan ”apa yang ditulis)
IX.          OUTLINE DAFTAR ISI
X.            DAFTAR PUSTAKA
XI.          JADWAL PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
XII.        RENCANA BIAYA
XIII.      CURRICULUM VITAE PENELITI






0 komentar:

Posting Komentar