Jumat, 25 Mei 2012

Bank menurut islam


BANK
A.    PENGERTIAN
Asal dari kata bank adalah dari bahasa Italia yaitu banca yang berarti tempat penukaran uang. Secara umum pengertian bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan yang umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang dikenal sebagai banknote.
B.     SEJARAH PENDIRIAN BANK
Sejarah Bank secara alami salah satu bunga, tetapi juga terus relevansi kepada Bank saat ini. Kejadian dan keadaan selama tiga ratus tahun terakhir telah dibentuk dan dipengaruhi peran dan tanggung jawab Bank. Mereka telah membentuk budaya dan tradisi, serta keahlian, Bank yang relevan dengan reputasi dan efektivitas sebagai bank sentral dalam tahun-tahun awal abad 21. Pada saat yang sama, banyak sejarah Bank berjalan paralel dengan sejarah ekonomi dan keuangan, dan sering sejarah politik, di Inggris lebih umum.
Bank pertama kali berdiri di Venesia dan Genoa di Italia, kira kira abad ke-14. Kota kota tersebut dikenal sebagai kota perdagangan. Dari kedua kota ini berpindahlah system bank ke Eropa Barat. Di Inggris didirikan Bank Of England pada tahun 1996.

C.    PENDAPAT ULAMA TENTANG BANK
Beberapa pandangan Ahli Hukum Islam
1.      Bunga Perbankan dibandingkan dengan riba, masalah dirujuk ke Islam Al-Azhar Research Institute, yang mengeluarkan kredo pada November 2002, bahwa 'kepentingan' hari perbankan saat ini tidak sama dengan riba dan karenanya Islam dapat menggunakannya.
Keputusan ini diambil untuk mengatasi perubahan dunia. Hal ini sangat tidak logis untuk tetap dibekukan sementara dunia berubah di sekitar kita dan kita tidak sejalan dengan perubahan dunia. Banyak pelajar modern fiqh & Quran juga menerjemahkan riba sebagai riba dan tidak sebagai bunga perbankan sederhana.
2.       Sheikh Muhammad Sayyid Tantawi, Grand Mufti Mesir dan seorang sarjana Al-Azhar, telah menyatakan pada tahun 1989 bahwa bunga tertentu berbasis bunga investasi pemerintah tidak dilarang riba. Fatwanya menimbulkan badai kontroversi dengan oposisi dari semua ulama tradisional. Dia juga mengatakan bahwa bunga deposito perbankan bantalan secara sempurna Islam. Dia menyarankan bahwa hukum harus diubah untuk mengubah terminologi hukum yang digunakan untuk kepentingan bank dan rekening bank untuk menjelaskan kebebasan mereka dari stigma riba.
3.      Pada awal tahun enam puluhan, Prof Fazlur Rehman, U Karachi juga menantang posisi tradisional Riba-bunga Persamaan dan menyimpulkan bahwa bunga perbankan adalah tidak sama dengan riba dan karenanya diperbolehkan.
4.      Abdullah Yusuf Ali mengatakan bahwa meskipun riba dilarang tetapi mengenai definisi riba, ada ruang untuk perbedaan pendapat. Menurut Yusuf Ali, riba akan menjadi keuntungan yang tidak semestinya terbuat dari pinjaman emas dan perak dan artikel yang diperlukan dari makanan seperti gandum, jelai, kurma dan garam. Definisinya akan mencakup pencatutan dari segala jenis tetapi tidak termasuk kredit ekonomi, makhluk perbankan modern dan keuangan.
Riba dalam terang Ayat Alquran
Ayat-ayat Quran yang relevan dengan riba dan praktiknya menunjukkan bahwa riba (riba) dilarang bagi umat Islam tetapi mereka didorong untuk melakukan perdagangan.
1.          (Al-Rum, 30:39).
óOÏ%r'sù y7ygô_ur ÈûïÏe$#Ï9 $ZÿÏZym 4 |NtôÜÏù «!$# ÓÉL©9$# tsÜsù }¨$¨Z9$# $pköŽn=tæ 4 Ÿw Ÿ@ƒÏö7s? È,ù=yÜÏ9 «!$# 4 šÏ9ºsŒ ÚúïÏe$!$# ÞOÍhŠs)ø9$#  ÆÅ3»s9ur uŽsYò2r& Ĩ$¨Z9$# Ÿw tbqßJn=ôètƒ ÇÌÉÈ  
Dan apa pun yang Anda lay out sebagai riba, sehingga dapat meningkatkan dalam milik pria, tidak akan meningkat dengan Allah, dan apa pun yang Anda berikan dalam amal, menginginkan kesenangan Allah - inilah (orang) yang akan mendapatkan bermacam-macam.
2.          (Al-Nisa 161)
ãNÏdÉ÷{r&ur (#4qt/Ìh9$# ôs%ur (#qåkçX çm÷Ztã öNÎgÎ=ø.r&ur tAºuqøBr& Ĩ$¨Z9$# È@ÏÜ»t7ø9$$Î/ 4 $tRôtGôãr&ur tûï̍Ïÿ»s3ù=Ï9 öNåk÷]ÏB $¹/#xtã $VJŠÏ9r& ÇÊÏÊÈ  
Dan mereka mengambil riba meskipun memang mereka dilarang dan melahap mereka milik orang secara salah, dan Kami telah menyediakan untuk orang-orang kafir dari antara mereka siksa yang menyakitkan.
3.          (Al-'Imran 130)
$ygƒr'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#qãYtB#uä Ÿw (#qè=à2ù's? (##qt/Ìh9$# $Zÿ»yèôÊr& Zpxÿy軟ÒB ( (#qà)¨?$#ur ©!$# öNä3ª=yès9 tbqßsÎ=øÿè? ÇÊÌÉÈ  
Hai orang beriman! tidak mengkonsumsi riba, sehingga ganda dan empat kali lipat dan berhati-hati dari (tugas Anda untuk) Allah, bahwa Anda mungkin bisa berhasil.
4.         (Al-Baqarah, 2:275)
šúïÏ%©!$# tbqè=à2ù'tƒ (#4qt/Ìh9$# Ÿw tbqãBqà)tƒ žwÎ) $yJx. ãPqà)tƒ Ï%©!$# çmäܬ6ytFtƒ ß`»sÜø¤±9$# z`ÏB Äb§yJø9$# 4 y7Ï9ºsŒ öNßg¯Rr'Î/ (#þqä9$s% $yJ¯RÎ) ßìøt7ø9$# ã@÷WÏB (#4qt/Ìh9$# 3 ¨@ymr&ur ª!$# yìøt7ø9$# tP§ymur (#4qt/Ìh9$# 4 `yJsù ¼çnuä!%y` ×psàÏãöqtB `ÏiB ¾ÏmÎn/§ 4ygtFR$$sù ¼ã&s#sù $tB y#n=y ÿ¼çnãøBr&ur n<Î) «!$# ( ïÆtBur yŠ$tã y7Í´¯»s9'ré'sù Ü=»ysô¹r& Í$¨Z9$# ( öNèd $pkŽÏù šcrà$Î#»yz ÇËÐÎÈ  
Mereka yang lahap riba tidak bisa muncul kecuali sebagai salah satu yang setan telah bersujud dengan sentuhan (nya) tidak naik. Itu karena mereka mengatakan, perdagangan hanya seperti riba, dan Allah telah memungkinkan perdagangan dan riba terlarang. Untuk siapapun yang kemudian peringatan telah datang dari Tuhannya, maka ia desists, ia akan memiliki apa yang telah berlalu, dan urusannya ada di tangan Allah, dan siapa pun yang kembali (ke sana) - busur ini penghuni api; mereka akan tinggal di dalamnya.
D.    BANK ISLAM
Bank Islam yaitu suatu lembaga keuangan yang berfungsi menghimpun dana untuk disalurkan kepada orang atau lembaga yang membutuhkannya dengan system tanpa bunga.
Manfaat bank islam.
1.   Sebagai model investasi, yang berarti, transaksi derivatif dapat dijadikan sebagai salah satu model berinvestasi. Walaupun pada umumnya merupakan jenis investasi jangka pendek (yield enhancement).
2.   Sebagai cara lindung nilai, yang berarti, transaksi derivatif dapat berfungsi sebagai salah satu cara untuk menghilangkan risiko dengan jalan lindung nilai (hedging), atau disebut juga sebagai risk management.
3.   Informasi harga, yang berarti, transaksi derivatif dapat berfungsi sebagai sarana mencari atau memberikan informasi tentang harga barang komoditi tertentu dikemudian hari (price discovery).
4.   Fungsi spekulatif, yang berarti, transaksi derivatif dapat memberikan kesempatan spekulasi (untung-untungan) terhadap perubahan nilai pasar dari transaksi derivatif itu sendiri.
5.   Fungsi manajemen produksi berjalan dengan baik dan efisien, yang berarti, transaksi derivatif dapat memberikan gambaran kepada manajemen produksi sebuah produsen dalam menilai suatu permintaan dan kebutuhan pasar di masa mendatang. Terlepas dari funsi-fungsi perbankan (bank) yang utama atau turunannya, maka yang perlu diperhatikan untuk dunia perbankan, ialah tujuan secara filosofis dari eksistensi bank di Indonesia. Hal ini sangat jelas tercermin dalam Pasal empat (4) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 yang menjelaskan, ”Perbankan Indonesia bertujuan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas nasional ke arah peningkatan kesejahteraan rakyat banyak”
          Meninjau lebih dalam terhadap kegiatan usaha bank, maka bank (perbankan) Indonesia dalam melakukan usahanya harus didasarkan atas asas demokrasi ekonomi yang menggunakan prinsip kehati-hatian. 4 Hal ini, jelas tergambar, karena secara filosofis bank memiliki fungsi makro dan mikro terhadap proses pembangunan bangsa.

E.     Pengganti Sistem Bunga
Dalam bank kemungkinan banyak terdapat tentang riba, tapi dalam islam bunga dalam bank dihapus atau ditiadakan untuk mengjauhi riba. Sebagai pengganti dari bunga bank kiranya dapat saya contohkan sebagai berikut:
a.         Wadiah
b.         Mudharabah
c.         Musyarokah
d.        Murabahah
e.         Qarad Hasan
F.     KEDUDUKAN BANK DALAM ISLAM
Sebagai kemlasakatan umat islam, dan sebagai suatu bentuk perekonomian yang uyang dianjurkan oleh islam untuk membentuk salah satu alat vital perekonomian modern.


0 komentar:

Posting Komentar