Jumat, 25 Mei 2012

VARIABEL DAN SUMBER DATA



“VARIABEL DAN SUMBER DATA”

A.      Pengertian dan Macam Variabel
1.      Pengertian
Secara teoristis variabel dapat didefinisikan sebagai atribut seseorang, atau objek yang mempunyai variasi antara satu orang dengan yang lain atau satu objek dengan objek yang lain. Misalnya : berat, ukuran, bentuk, dan warna merupakan atribut-atribut dari suatu objek.
2.      Macam-macam Variabel
Variabel dapat dibedakan atas yang kuantitatif dan kualitatif. Variabel kuantitatif diklasifikasikan menjadi 2 kelompok yaitu :
a.    Variabel diskrit, disebut juga variabel nominal atau variabel kategorik, karena hanya dapat dikategorikan atas dua kutub yang berlawanan yakni “ya” dan “tidak”.
b.    Variabel kontinum, dipisahkan menjadi 3 variabel kecil yaitu :
1)      Variabel ordinal, yaitu variabel yang menunjukkan tingkatan-tingkatan. Misalnya panjang, kurang panjang, pendek.
2)      Variabel interval, yaitu variabel yang mempunyai jarak, jika dibanding dengan variabel lain, sedangkan jarak itu sendiri dapat diketahui dengan pasti.
3)      Variabel ratio, yaitu variabel perbandingan. Variabel ini dalam hubungan antar sesamanya merupakan “sekian kali”.
B.     Variabel dan Data
Data adalah hasil pencatatan peneliti, baik yang berupa fakta ataupun angka. Data juga berarti segala fakta dan angka yang dapat dijadikan bahan untuk menyusun suatu informasi. Sedangkan informasi adalah hasil pengolahan data yang dipakai untuk suatu keperluan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dijelaskan bahwa data adalah keterangan yang benar dan nyata; keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian (analisis dan kesimpulan).
C.    Pentingnya Memahami Variabel
Memahami variabel dengan kemampuan menganalisis atau mengidentifikasikan  se-tiap variabel yang lebih  kecil (sub  variabel)  merupakan  syarat mutlak bagi setiap peneliti. Memecah–mecah variabel menjadi kategori–kategori data yang harus dikumpulkan oleh peneliti. Kategori–kategori ini dapat diartikan sebagai indikator variabel. Kategori, indikator, sub variabel ini akan dijadikan pedoman dalam merumuskan hipotesis minor, menyusun instrument, mengumpulkan data dan kelanjutan langkah penelitian yang lain.
D.    Pengertian Sumber Data
Sumber data adalah  benda, hal atau orang tempat peneliti mengamati, membaca atau bertanya tentang data. Secara umum sumber data dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis yang disingkat dengan 3 P :
-     Person (orang), tempat peneliti bertanya mengenai variabel yang sedang diteliti.
-     Paper (kertas), berupa dokumen, arsip, surat keputusandan sebagainya.
-     Place (tempat ) , berupa ruang,  laboratoriun, bengkel, kelas dan sebagainya tempat berlangsungnya suatu kegiatan yang berhubungan dengan data penelitian.
E.     Populasi, Sampel, Teknik Sampling
1.         Populasi
Adalah semua anggota dari kelompok manusia, kejadian, barang, data yang merupakan objek penelitian
2.         Sampel = sebagian kecil dari populasi yang harus mewakili / representative. Jumlah sampel dapat ditentukan dengan berbagai kriteria. Jika jumlah objeknya kecil (kurang dari 30 orang) sebaiknya menggunakan sampel total (sensus), artinya semuanya dijadikan objek penelitian.
3.         Macam-macam teknik sampling 
a)      Random sampling 
b)      Sampel berstrata ( stratified sampling) 
c)      Sampel wilayah (area sampling )
d)     Sampel proporsi ( proportional sampling)
e)      Sampel bertujuan (  purposive sampling ) 
f)       Sampel kuota (Quota sampling)
g)      Sampel kelompok (Cluster sampling) 

0 komentar:

Posting Komentar