Jumat, 25 Mei 2012

PENDEKATAN ILMIAH


PENDEKATAN ILMIAH

Hakikat Penelitian Kaitannya Dengan Pendidikan Dan Pengajaran 
Penelitian merupakan proses ilmiah yang mencakup sifat formal dan intensif. Penelitian menurut Karlinger (1986) ialah proses penemuan yang mempunyai karakteristik sistematis terkontrol, empiris dan mendasarkan pada teori dan hipotesis tentang jawaban sementara.
Penelitian adalah suatu usaha dengan cara menelaah, mengumpulkan dan menganalisis untuk menemukan,mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan dengan menggunakanmetode-metode ilmiah untuk mencapai tujuan.
Ciri-ciri penelitian yang memiliki dasar positif di antaranya adalah sebagai berikut:
a.         Menekankan objektifitas secara universal dan tidak dipengaruhi oleh ruang dan waktu.
b.        Menginterpretasi variable yang ada melalui peraturan kuantitas atau angka.
c.         Memisahkan antara peneliti dengan objek yang hendak diteliti. Membuat jarak antara peneliti dan yang diteliti, dimaksudkan agar tidak terpengaruh atau kontaminasi terhadap variable yang hendak diteliti
d.        Menekankan penggunaan metode statistik untuk mencari jawaban permasalahan yang hendak diteliti.
Sedangkan kaitannya dengan pendidikan dan pengajaran dalam penelitian pendidikan adalah cara yang digunakan untuk mendapatkan informasi yang berguna dan dapat dipertanggungjawabkan dalamupaya memahami proses kependidikan dalam lingkungan pendidikan melaluipendekatan ilmiah, baik di lingkungan pendidikan formal, pendidikan informal maupun pendidikan non formal.
Karakteristik penelitian:
a.         Mempunyai tujuan
b.        Mencakup kegiatan mengumpulkan data baru
c.         Mencakup kegiatan yang terencana dan sistematis
d.        Menggunakan analisis logis
e.         Mempertimbangkan aspek pengembangan teori
f.         Mengandunga unsure observasi
g.        Memerluka pencatatan terhadap gejala yang muncul
h.        Melakukan control
i.          Memerlukan validasi instrumen
j.          Memerlukan keberanian
k.        Dicatat secara tepat kepada instansi yang berkepentingan sebagai laporan

Tujuan penelitian:
            Tujuan dari penelitian pendidikan ialah menemukan prinsip-prinsip umum atau penafsiran tingkah laku yang akan dapat dipakai untuk menerangkan, meramalkan dan mengendalikan kejadian- kejadian dalam lingkungan pendidikan.
Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dari peneliti yaitu:
a.         Memperoleh informasi baru
b.        Mengembangkan dan menjelaskan
c.         Menerangkan, memprediksi, dan mengontrol suatu ubahan

0 komentar:

Posting Komentar