Jumat, 25 Mei 2012

UNDIAN BERHADIAH MENURUT FIKIH




UNDIAN BERHADIAH
A.      PENGERTIAN UNDIAN
Undian merupakan kata lain dari  lotre yang berasal dari bahasa Belanda loterij yang berarti undian berhadiah. di dalam masyarakat lotre dipandang sebagi judi sedangkan undian tidak, padahal keduanya merupakan sesuatu yang sama. Undian  behadiah adalah  Undian  berhadiah  dikenal  dengan  lotere adalah  salah  satu  cara  untuk  menghimpun  dana  yang  dipergunakan  untuk  proyek  kemanusiaan  dan  kegiatan  social.
Undian  ini  dilakukan  dengan  beberapa  cara,  antara  lain  dengan  cara  menjual  kupon  amal  dengan  nomor-nomor  tertentu.  Tujuannya  untuk  merangsang  dan  menggairahkan  para  penyumbang  (pembeli  kupon)  diberikan  hadiah-hadiah.  Hadiah  ini  biasanya  diundi  di  depan  notaries  dan  dibuka  untuk  umum.  Siapa  saja  yang  nomornya  tepat  akan  mendapatkan  hadiah  tersebut.
B.       AKTIFITAS LOTERE
1.         Penyelenggara,  biasanya  pemerintah  atau  lembaga  swasta  yang  legal  mendapatkan  izin  dari  pemerintah.
2.         Para  penyumbang,  yakni  orang-orang  yang  membeli  kupon  dengan  mengharapkan  hadiah.
Kegiatan  pihak  penyelenggara  adalah  sbb:
1.         Mengedarkan  kupon  (menjual  kupon),  salah  satu  fungsi  pengedaran  kupon  adalah  dapat  dihitungnya  dana  yang  diperoleh  dari  para    penyumbang.
2.         Membagi-bagi  hadiah  sesuai  dengan  ketentuan,  hadiah  ini  diambil   dari  sebagian   hasil  dana  yang  diperoleh.
3.         Menyalurkan  dana  yang  telah  terkumpul  sesuai  dengan  rencana  yang  telah  ditentukan  setelah  diambil  untuk  hadiah  dan  biaya  operasional.
C.      MAISIR  MENURUT  IBRAHIM  HOSEN
Ibrahim  Hosen  di  dalam  bukunya  yang  berjudul  Ma  huwa  al  maisir  menyatakan  bahwa  hakikat  judi  menurut  bahasa  Arab  adalah  permainan  yang  mengandung  unsur  taruhan  yang  dilakukan  oleh  dua  orang  atau  lebih  secara  langsung  (berhadap-hadapan)   di  dalam  suatu  majelis.  Selanjutnya  menurut  beliau  yang  harus  digarisbawahi  adalah  taruhan  dan  langsung  (berhadap-hadapan).
Ibrahim  Hosen  menjelaskan  bahwa  Muhammad  Abduh  di  dalam  tafsir  al  Manar  berpendapat  bahwa  lotere  berbeda  dengan  judi  (maisir),  sebab  lotere  dilakukan  tidak  berhadap-hadapan  secara  langsung. Sedangkan maisir adalah: Setiap  permainan  yang  pemainnya  tidak  sunyi  dari  menang  atau  kalah.
D.      LOTERE  MENURUT  A.  HASAN  BANGIL
Di  dalam  buku  A.  Hasan  yang  berjudul  Soal  Jawab  tentang  Berbagai  Masalah  Agama  dijelaskan  bahwa  kebanyakan  para  ulama  mengharamkan  lotere  sekalipun  hasil  lotere  tersebut  digunakan  untuk  derma.  Pasalnya  menurut  kebanyakan  ulama,  derma  yang  diberikan  ini  tidak  atas  dasar  keikhlasan,  sedangkan  dalam  konteks  Islam,  ikhlas  merupakan  salah  satu  masalah  yang  dianggap  pokok.
Penerimaan  uang  lotere  menurut  A.  Hasan
Berdasarkan  kaidah  syara’,  setiap  sesuatu  yang  dihasilkan  dari  cara  yang  haram,  haram  pula  benda  yang  dihasilkannya.  Jika  dilihat  dari  sisi  ini,  maka  penerimaan  uang  hasil  lotere  adalah  haram. Selanjutnya  beliau  menyimpulkan  bahwa  mengadakan  lotere  dan  membeli  lotere  adalah  terlarang,  sedangkan  menerima  dan  meminta  bagian  dari  uang  lotere  adalah  perlu  atau  mesti  sebab  kalau  tidak  diambil  akan  digunakan  oleh  umat  lain  untuk  merusak  umat  Islam  atau  paling  tidak  memundurkannya. 
E.       LOTERE  MENURUT  FUAD  MOHD.  FACHRUDDIN
Fuad  M.  Fachruddin  berpendapat  bahwa  lotere  tidak  termasuk  salah  satu  perbuatan  judi  (maisir)  yang  diharamkan  karena  illat  judi  atau  maisir  tidak  terdapat  dalam  lotere.  Kemudian  dikatakan  bahwa  pembeli  atau  pemasang  lotere  apabila  bermaksud  dan  bertujuan  hanya  menolong  dan  mengharapkan  hadiah,  maka  tidaklah  terdapat  dalam  perbuatan  itu  satu  perjudian.  Apabila  seseorang  bertujuan  semata-mata  ingin  memperoleh  hadiah,  menurut  Muhammad  Fachruddin  perbuatan  itu  pun  tidak  termasuk  perjudian  sebab  pada  perjudian  kedua  belah  pihak  berhadap-hadapan  dan  masing-masing  menghadapi  kemenangan  atau  kekalahan.

F.       PENERIMAAN  UANG  LOTERE  MENURUT  ABDUH
Muhammad  Abduh  sebagai  pengarang  kitab  tafsir  al  Manar  berpendapat  bahwa  umat  Islam  diharamkan  menerima  uang  hasil  undian  (lotere),  baik  secara  individual  maupun  secara  kolektif.  Alasannya  ialah  karena  hal  itu  termasuk  memakan  harta  orang  lain  dengan  cara  yang  batil. Maksud  harta  yang  batil  menurut  Abduh  adalah  harta  yang  tidak  ada  imbangannya/imbalannya  dengan  sesuatu  yang  nyata.  Kata  batil  berasal  dari  kata  batlan  dan  butlanan  yang  artinya  sia-sia  dan  rugi.  Agama  telah  mengharamkan  mengambil  harta  tanpa  ada  imbalannya  yang  nyata  yang  dapat  dinilai  dan  tanpa  adanya  keridhaan  pemiliknya,  di  mana  harta  itu  diambil,  demikian  pula  haram  mendermakannya  pada  jalan  yang  tidak  ada  manfaatnya.


0 komentar:

Posting Komentar