waktu
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Metode/
strategi
|
Sumber, alat dan
bahan
|
2 menit
|
Guru membuka pelajaran dengan salam dan berdo’a yang dipimpin
oleh ketua kelas.
|
Ceramah
|
Buku absen, bolpoin,
|
3 menit
|
Guru memperkenalkan diri dan dilanjutkan mengabsensi siswa siswa,
|
|
|
5 menit
|
Guru bertanya kepada siswa
tentang materi sebelumnya yang telah dipelajari.
G : Anak-anak
kemarin di ajar apa sama pak sufyan?
S :
Anak-anak menjawab . . .
G : Coba siapa
yang masih ingat, apa itu desa? Dan siapa pemimpin desa itu?
S : Siswa menjawab . . . .
G : Kepala
desa dipilih oleh siapa anak-anak?
S : Siswa menjawab . . .
G :
Menyampaikan tujuan pembelajaran:
Hari ini kita akan mempelajari tentang “ Pemerintahan Desa dan
Pemerintahan Kecamatan anak-anak”.
|
Tanya jawab
|
waktu
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Metode/
strategi
|
Sumber,
alat dan
Bahan
|
10 menit
|
Guru meminta siswa untuk membuka buku pelajaran dan membaca materi
dalam hati.
|
Sustained Silent Reading
|
Buku paket SD/ MI kelas VI, kertas HVS yang berisi materi yang
akan di bahas pada setiap kelompok
|
20 menit
|
Setelah siswa selesai membaca, guru menyampaikan materi yang
telah dibaca siswa.
|
Ceramah
|
|
2 menit
|
Guru memberikan kesempatan bagi siswa untuk bertanya tentang
materi yang belum dipahami.
|
Tanya jawab
|
|
15 menit
|
Guru membagi siswa dalam 4 kelompok, dengan cara berhitung satu sampai
empat.
Setiap kelompok di beri materi sendiri-sendiri untuk di
diskusikan dengan teman-temannya dalam satu kelompok
|
Peer Leasson
|
|
5 menit
|
Setelah selesai berdiskusi, perwakilan dari setiap kelompok
diminta maju kedepan untuk membacakan hasil diskusi secara bergantian dan
meminta siswa yang lain untuk mendengarkan
|
||
Setelah selesai guru meminta siswa untuk kembali kebangkunya
masing-masing
|
|||
|
Guru memberikan umpan balik dengan merefleksikan kembali materi
yang telah di diskusikan
|
|
|
waktu
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Metode/
strategi
|
Sumber, alat,
dan bahan
|
4 menit
|
Guru dan siswa membuat kesimpulan tentang materi yang telah
dipelajari
|
Ceramah
|
Buku paket SD/ MI kelas VI
|
2 menit
|
Guru memberikan pertanyaan lisan kepada beberapa siswa untuk meninjau
daya ingat siswa
|
Topical review
|
|
2 menit
|
RTL: Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari
kembali materi yang telah dipelajari hari ini dan mempelajari materi
selanjutnya.
Guru menutup pelajaran dengan hamdalah dan salam.
|
Ceramah
|
KEL
|
ANGGOTA
|
KEAKTIFAN
|
KERJASAMA
|
HASIL JAWABAN
|
SKOR
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
-
Alvin
-
Tufik
-
Hanafi
-
Hesty
-
Nafi’ah
-
Ratna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
2
|
-
Dewi
-
Krisna
-
Arif
-
Ummi
-
Ananda
-
Krisna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
3
|
-
Rosyidin
-
Adil
-
Risma
-
Ely
-
Aldi
-
Nihal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
4
|
-
Nuryanto
-
Muh afif iksani
-
Nuroh
-
Imro’atul
-
Anisah
-
Diva
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Nomor
Indikator
|
Indikator
|
Kriteria
ketuntasan minimal
|
Penilaian
|
|||
Kriteria
Penetapan Ketuntasan
|
||||||
Kompleksitas
|
Daya
dukung
|
Intaks
siswa
|
Rata-rata
KKM
|
|||
1.2.1
|
Menjelaskan lingkungan kelurahan
perangkatnya
|
68
|
68
|
68
|
68
|
Tes
tulis
|
1.2.2
|
Menjelaskan
tugas-tugas pemimpin kelurahan
|
68
|
68
|
68
|
68
|
Tes
tulis
|
1.2.3
|
Menyebutkan
sumber keuangan kelurahan
|
68
|
68
|
68
|
68
|
Tes
tulis
|
1.2.3
|
Menjelaskan lingkungan kecamatan dan menyebutkan perangkatnya
|
68
|
68
|
68
|
68
|
|
Rata-rata
nilai KKM dari semua Indikator
|
68
|
|
0 komentar:
Posting Komentar