Waktu
|
Kegiatan pembelajaran
|
Model/ sstrategi
|
Sumber, alat, dan bahan
|
2 menit
|
Guru membuka pelajaran dengan salam.
(NPK : Religius)
|
Ceramah
|
Buku
paket fikih 3 SD/ MI kelas 3, Buku absen, Bolpoin, spdol.
|
2 menit
|
Guru menanyakn kabar anak-anak dan bertanya kehadiran siswa.
(NPK: Rasa ingin tahu)
|
||
4 menit
|
Apersepsi:
Anak-anak kemaren kita telah mempelajari tentang shalat sunah
rawatib, coba pak guru mau tanya.
G : Siapa yang masih ingat, apa yang dinamakan shalat sunah
rawatib?
S : Siswa menjawab petanyaan pak guru.
G : Apa tujuan dari shalat rawatib itu?
S : Siswa menjawab petanyaan pak guru.
G: Coba sebutkan shalat suanh rawtib ada berapa?
S : Siswa menjawab petanyaan pak guru.
Guru menampung jawaban dari siswa-siswa sebagai jembatan untuk
materi selanjutnya.
Guru menjelaskan tujan pembelajaran.
Anak-anak hari ini kita akan mempeljari tentang:
1.
Jumlah rakaat
shalat rawatib.
2.
Keutamaan-keutamaan
shalat sunah rawatib.
3.
Dan Tata cara
shalat sunah rawtib.
( NPK : Rasa ingin tahu, Daya ingat siswa)
|
Tanya jawab
|
Waktu
|
Kegiatan pembelajaran
|
Metode/ strategi
|
Sumber, alat, dan bahan
|
5 menit
|
Eksplorasi :
Guru membagikan hand out materi dan meminta siswa untuk
membacanya.
(NPK : Gemar membaca)
|
Ceramah
Penugasan
|
Buku
paket fikih 3 SD/ MI kelas 3,Buku pedoman shalat sunah, Bolpoin, spdol, media
gambar, Hand out materi, Peta konsep
|
2 menit
|
Guru
menempelkan hand out / peta konsep dipapan tulis tentang bilangan shalat
sunah rawatib
|
||
3 menit
|
Guru
meminta siswa untuk mengamati peta konsep di papan tulis, dan meminta siswa
untuk mengomentari.
(
NPK : Rasa ingin tahu )
|
Penugasan
|
|
7 menit
|
Guru menerangkan materi yang telah dibaca siswa melalui peta
konsep yang telah ditempel dipapan tulis.
|
Ceramah
|
|
3 menit
|
Guru meminta siswa untuk bertanya tentang materi yang belum
dipahami sebelum melanjutkan materi selanjutnya.
(
NPK : Rasa ingin tahu )
|
Tanya jawab
|
|
2 menit
|
Guru menempelkan gambar dan meminta siswa untuk untuk
menanggapai.
|
Penugasn
|
|
10 menit
|
Guru menerangkan materi selanjutnya dan meminta siswa untuk
mendengarkan.
|
Ceramah
|
|
20 menit
|
Elaborasi :
Guru membagikn potongan-potongan kertas yang isinya pertanyaan
dan jawaban yang sebelumnya telah dikocok agar tidak tercampur antara
pertanyaan dan jawaban.
|
Penugasan
Index Card Match
Ceramah
|
|
Guru meminta untuk mencari pasangan, setelah ketemu diminta untuk
duduk berdekatan
|
|||
Guru memberikan tongkat kecil pada salah satu siswa, kemudian
guru meminta siswa untuk memutar bola sambil bersolawat. Apabila guru bilang
STOP, maka siswa yang pegang tongkat beserta pasangannya membacakan keras
kepada yang lain.
Kegiatan ini berlangsung sampai pertanyaan dan jawaban habis.
( NPK : Rasa ingin tahu, bersahabat, kerja sama, tanggung jawab )
|
|||
3 menit
|
Konfirmasi :
Guru memberikan klarifikasi kepada siswa.
(NPK :
Komunikatif )
|
Waktu
|
Kegiatan pembelajaran
|
Metode/ strategi
|
Sumber, alat, dan bahan
|
3 menit
|
Guru dan siswa-siswa meberikan kesimpulan tentang materi yang
telah dipelajari.
|
Ceramah
|
Buku
paket fikih 3 SD/ MI kelas 3,Buku pedoman shalat sunah
|
5 menit
|
Guru memberikan pertanyaan lisan untuk mengetahui sejauh mana
pemahaman siswa.
( NPK : Rasa ingin tahu, Daya in gat siswa )
|
Tanya jawab
penugasn
|
|
2
menit
|
Guru memberikan motivasi kepada siswa-siswa untuk mempelajari
kembali materi yang telah dipelajari dirumah, dan selalu giat belajar.
Guru menutup pelajaran dengan ucapan hamdalah dan salam.
( NPK : Gemar membaca, tekun, religius )
|
Ceramah
|
Indikator pencapaian materi
|
Jenis penilaian
|
Bentuik penilaian
|
Contoh instrumen
|
1.2.1.
Dapat
menunjukkan
jumlah rakaat
shalat rawatib
1.2.2. Mengetahui keutamaan shalat sunah rawatib
1.2.3. Mengetahui tata cara shalat sunah rawatib
|
Tes lisan
|
· Uraian singkat
· Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
· Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
|
· Sebutkan bilangan shalat sunah rawatib muakad?
· Sebutkan keutamaan-keutamaan shalat sunah rawatib?
· Sebutkan hal-hal apa saja yang harus diperhatikn dalam menjalankan
shalat sunah rawatib?
|
No
|
N A M A
|
Kemampuan
Siswa dalam praktek
|
Skor
|
|||||||||||
Keaktifan
|
Ketepatan
|
Kerja sama
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||
1
|
M.
fakhrudin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
M.
Nur cholis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Siti
qomariah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Yuliana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Angga
Bayu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Arda
Dwa Aprilia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Alfian
Wahyu Hidayah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Aprilian
Nanda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Budi
Nursamyu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Dwi
Farihah. M
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Ferlin
Ratna M
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Fahat
Bagus Madana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Iwan
Restu Andriansah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Islamudin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Muh.
Rizki Nur
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Meihua
Ilin P
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Muh
Badrul Munir
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Muh.
Andriyan Amirul
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Nur
Asfina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Nur
Shawatul Farhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nacha
Amritta Putri N
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Rahma
Yugik Noviana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Siti
Durotul Rohman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Vivien
Putri K
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Yoga
Nur Rahman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Wiwin
Hariati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Pengetahuan
|
· Pengetahuan
|
4
|
|
· Kadang-kadang pengetahuan
|
2
|
|
· Tidak pengetahuan
|
1
|
||
|
Sikap
|
· Sikap
|
4
|
· Kadang-kadang sikap
|
2
|
||
· Tidak sikap
|
1
|
No
|
Nama siswa
|
Performance
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||
Urutan
|
Bacaan
|
Gerak
|
||||
1
|
M. fakhrudin
|
|
|
|
|
|
2
|
M. Nur cholis
|
|
|
|
|
|
3
|
Siti Qomariah
|
|
|
|
|
|
4
|
Yuliana
|
|
|
|
|
|
5
|
Angga Bayu
|
|
|
|
|
|
6
|
Arda Dwa Aprilia
|
|
|
|
|
|
7
|
Alfian Wahyu Hidayah
|
|
|
|
|
|
8
|
Aprilian Nanda
|
|
|
|
|
|
9
|
Budi Nursamyu
|
|
|
|
|
|
10
|
Dwi Farihah M
|
|
|
|
|
|
11
|
Ferlin Ratna M
|
|
|
|
|
|
12
|
Fahat Bagus Madana
|
|
|
|
|
|
13
|
Iwan Restu
|
|
|
|
|
|
14
|
Islamudin
|
|
|
|
|
|
15
|
Muh Rizki Nur
|
|
|
|
|
|
16
|
Meihua Ilin P
|
|
|
|
|
|
17
|
Muh. Badrul Munir
|
|
|
|
|
|
18
|
Muh. Andrian Amirul
|
|
|
|
|
|
19
|
Nur Asfina
|
|
|
|
|
|
20
|
Nur Shawatul Farhan
|
|
|
|
|
|
21
|
Nacha Amrita Putri M
|
|
|
|
|
|
22
|
Rahma Yugik Noviana
|
|
|
|
|
|
23
|
Siti Durotul Rahman
|
|
|
|
|
|
24
|
Vivien Putri K
|
|
|
|
|
|
25
|
Yoga Nurrohman
|
|
|
|
|
|
26
|
Wiwin Hariati
|
|
|
|
|
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
Urutan, gerakan dan bacaan
|
Urut, gerakan, dan bacaannya
|
10
|
Kadang urut, gerakan, dan bacaannya
|
7
|
|
Tidak urut, gerakan, dan bacaannya
|
5
|
0 komentar:
Posting Komentar