Waktu
|
Tindakan
|
Pengamatan
|
Metode/ Strategi
|
Sumber
|
2’
2’
3’
2’
|
1.
Guru
membuka pelajaran dengan salam dan do’a.
2.
Guru
menanyakan kabar siswa dan mengabsennya.
3.
Guru
bertanya kepada siswa tentang materi sebelumnya.Guru memberikan apersepsi
dengan pertanyaan “ Anak- anak siapa
yang maih ingat apa pengertian shalat rawatib?
Ada berapa macamnya shalat rawatib?
4.
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran:
·
Bilangan shalat sunah rawatib
·
Cara shalat sunah rawatib
·
Dan praktek shalat sunah rawatib.
|
Guru mengamati keaktifan siswa dalam menjawab salam
berdo’a.
Guru mengamati keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan
|
Ceramah
|
Absen
Buku
paket Fikih MI kelas 3 semester I, Buku pedoman shalat sunah
|
Waktu
|
Tindakan
|
Pengamatan
|
Strategi
|
Sumber
|
5’
8’
2’
2’
12’
7’
2’
|
1.
Guru
membagikan hand out materi, dan meminta siswa untuk membaca dalam hati
2.
Guru
menempelkan kertas plano yang sudah ditulisi peta konsep dipapan tulis
3.
Guru
menjelaskan materi dengan bantuan peta konsep yang telah ditempelkan.
4.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi
yang belum dipahami
5.
Guru menempelkan contoh gambar praktek shalat, dan guru meminta siswa
untuk menanggapi gambar dipapan tulis.
6.
Guru menjelaskan tata cara shalat sunah rawatib sambil melihat gambar.
7.
Guru meminta beberapa siswa untuk maju kedepan, untuk mempraktekkan
shalat sunah rawatib.
8.
Guru meminta siswa untuk bertanya tentang materi yang berkaitan dengan
praktek yang belum dipahami.
|
Guru mengamati keaktifan siswa dalam membaca materi.
Guru
mengamati keaktifan siswa dalam
mendengarkan penjelasan guru.
Guru mengamati keaktifan siswa yang bertanya.
Guru
mengamati pemahaman siswa dalam mendengarkan penjelasan tentang materi
cara shalat sunah rawatib.
Guru
mengamati kemampuan dan keberanian siswa dalam mempraktekkan shalat sunah rawatib.
|
Shared reading
Ceramah
Tanya jawab
Media gambar
Ceramah
Demontrasi
|
Hand
out materi,
Buku
paket Fikih MI kelas 3 semester I, Buku pedoman shalat sunah,
kertas plano, papan tulis, spidol, isolatip, gunting.
|
Waktu
|
Tindakan
|
Pengamatan
|
Strategi
|
Sumber
|
3’
10’
3’
2’
|
1.
Guru dan siswa membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari
2.
Guru membagikan soal soal latihan dan meminta siswa untuk mengerjakan
3.
Guru
memberikan motivasi
kepada siswa siswa untuk selalu belajar dan mempraktekkan shalat sunah rawatib di kehidupan
sehari-hari.
4.
Guru
menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
|
Guru mengamati keaktifan siswa dalam membuat kesimpulan bersama guru.
Guru mengamati kerja keras siswa
dalam mengerjakan soal
Guru mengamati keaktifan siswa dalam berdo’a dan menjawab
salam
|
Ceramah
Penugasan
Ceramah
|
Buku paket fikih MI kelas 3 semester1,
Buku pedoman shalat sunah
Lembar soal
|
Waktu
|
Tindakan
|
Pengamatan
|
Metode/ Strategi
|
Sumber
|
2’
2’
3’
2’
|
5.
Guru
membuka pelajaran dengan salam dan do’a.
6.
Guru
menanyakan kabar siswa dan mengabsennya.
7.
Guru
bertanya kepada siswa tentang materi sebelumnya.Guru memberikan apersepsi
dengan pertanyaan “ Anak- anak siapa
yang maih ingat apa pengertian shalat rawatib?
Ada berapa macamnya shalat rawatib?
8.
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran:
·
Bilangan shalat sunah rawatib
·
Cara shalat sunah rawatib
·
Dan praktek shalat sunah rawatib.
|
Guru mengamati keaktifan siswa dalam menjawab salam
berdo’a.
Guru mengamati keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan
|
Ceramah
|
Absen
Buku
paket Fikih MI kelas 3 semester I, Buku pedoman shalat sunah
|
Waktu
|
Tindakan
|
Pengamatan
|
Strategi
|
Sumber
|
5’
8’
2’
2’
12’
7’
2’
|
1.
Guru
meminta siswa untuk membuka hand out materi yang telah dibagikan sebelumnya dan meminta siswa untuk mebaca.
2.
Guru
menempelkan kertas plano yang sudah ditulisi peta konsep dipapan tulis
3.
Guru
menjelaskan materi dengan bantuan peta konsep yang telah ditempelkan.
4.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi
yang belum dipahami
5.
Guru menempelkan contoh gambar praktek shalat, dan guru meminta siswa
untuk menanggapi gambar dipapan tulis.
6.
Guru menjelaskan tata cara shalat sunah rawatib sambil melihat gambar.
7.
Guru meminta beberapa siswa untuk maju kedepan, untuk mempraktekkan
shalat sunah rawatib.
8.
Guru meminta siswa untuk bertanya tentang materi yang berkaitan dengan
praktek yang belum dipahami.
|
Guru mengamati keaktifan siswa dalam membaca materi.
Guru
mengamati keaktifan siswa dalam
mendengarkan penjelasan guru.
Guru
mengamati keaktifan siswa yang bertanya.
Guru
mengamati pemahaman siswa dalam mendengarkan penjelasan tentang materi
cara shalat sunah rawatib.
Guru
mengamati kemampuan dan keberanian siswa dalam mempraktekkan shalat sunah rawatib.
|
Reading eloud
Ceramah
Tanya jawab
Ceramah
Demontrasi
|
Hand
out materi,
Buku
paket Fikih MI kelas 3 semester I, Buku pedoman shalat sunah,
kertas plano, papan tulis, spidol, isolatip, gunting.
|
Waktu
|
Tindakan
|
Pengamatan
|
Strategi
|
Sumber
|
3’
10’
3’
2’
|
1.
Guru dan siswa membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari
2.
Guru membagikan soal soal latihan dan meminta siswa untuk mengerjakan
3.
Guru
memberikan motivasi
kepada siswa siswa untuk selalu belajar dan mempraktekkan shalat sunah rawatib di kehidupan
sehari-hari.
4.
Guru
menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
|
Guru mengamati keaktifan siswa dalam membuat kesimpulan bersam guru.
Guru mengamati kerja keras siswa
dalam mengerjakan soal
Guru mengamati keaktifan siswa dalam berdo’a dan menjawab
salam
|
Ceramah
Penugasan
Ceramah
|
Buku paket fikih MI kelas 3 semester1,
Buku pedoman shalat sunah
Lembar soal
|
Indikator pencapaian materi
|
Jenis
penilaian
|
Bentuk
penilaian
|
Contoh
instrumen
|
1.2.1
Menyebutkan
bilangan shalat sunah rawatib.
1.2.2
Mengetahui tata cara shalat sunah rawatib.
1.2.3
Mempraktekkan shalat sunah rawatib.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Shalat sunah rawatib dibagi menjadi . . . macam.
Shalat rawatib lebih utama dikerjakan secara
. . .
Apakah gerakan shalat sunah rawatib sama
dengan gerakan shalat fardu?
|
No
|
N A M A
|
Kemampuan
Siswa dalam praktek
|
Skor
|
|||||||||||
Urutan
|
Baca
|
gerak
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||
1
|
M. fakhrudin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
M. Nur cholis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Siti qomariah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Yuliana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Angga Bayu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Arda Dwa Aprilia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Aprilian Nanda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Aprilian Nanda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Budi Nursamyu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Dwi Farihah. M
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Ferlin Ratna M
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Fahat Bagus Madana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Iwan Restu Andriansah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Islamudin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Muh. Rizki Nur
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Meihua Ilin P
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Muh Badrul Munir
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Muh. Andriyan Amirul
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Nur Asfina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Nur Shawatul Farhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nacha Amritta Putri N
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Rahma Yugik Noviana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Siti Durotul Rohman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Vivien Putri K
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Yoga Nur Rahman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Wiwin Hariati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
Nama
|
Butiran soal
|
Jumlah betul
|
Nilai
|
ket
|
|||||||||
Jawaban singkat
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|
||||
1
|
M. fakhrudin
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
7
|
70
|
|
2
|
M. Nur cholis
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
7
|
79
|
|
03
|
Siti qomariah
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
7
|
70
|
|
4
|
Yuliana
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
7
|
70
|
|
5
|
Angga Bayu
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
6
|
60
|
|
6
|
Arda Dwa Aprilia
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
7
|
70
|
|
7
|
Alfian Wahyu Hidayah
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
7
|
70
|
|
8
|
Aprilian Nanda
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
10
|
100
|
|
9
|
Budi Nursamyu
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
8
|
80
|
|
10
|
Dwi Farihah. M
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
8
|
80
|
|
11
|
Ferlin Ratna M
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
7
|
70
|
|
12
|
Fahat Bagus Madana
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
7
|
70
|
|
13
|
Iwan Restu Andriansah
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
7
|
70
|
|
14
|
Islamudin
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
8
|
80
|
|
15
|
Muh. Rizki Nur
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
10
|
100
|
|
16
|
Meihua Ilin P
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
9
|
90
|
|
17
|
Muh Badrul Munir
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
8
|
80
|
|
18
|
Muh. Andriyan Amirul
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
7
|
70
|
|
19
|
Nur Asfina
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
9
|
90
|
|
20
|
Nur Shawatul Farhan
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
8
|
80
|
|
21
|
Nacha Amritta Putri N
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
9
|
90
|
|
22
|
Rahma Yugik Noviana
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
8
|
80
|
|
23
|
Siti Durotul Rohman
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
7
|
70
|
|
24
|
Vivien Putri K
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
8
|
80
|
|
25
|
Yoga Nur Rahman
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
9
|
90
|
|
26
|
Wiwin Hariati
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
7
|
70
|
|
0 komentar:
Posting Komentar